CARA MEMBUAT JAM KAYU

Assalamualaikum wr. Wb 
Yooo Semua!!,  balik lagi ke blog aisyah.kenanga, kali ini saya bakal memberikan tips menarik bagaimana cara membuat jam rumah. Kita semua pasti tahu, bahwa ada pepatah, jangan pernah menyianyiakan waktu,  makanya di rumah setiap orang pasti memiliki jam mungkin jam dinding,  atau yang lain,  jam yang akan kita buat adalah jam minimalis yang sekaligus cocok buat jadi hiasan.  Ok let's do it! 
Pertama-tama hal yang perlu di persiapkan adalah,  alat dan bahan diantaranya:
*Alat: 
- Mesin bor
- Gergaji mesin 
- Mesin timmer
- Penggaris
- Pensil 
- paku tembak
- Kuas
*Bahan:
- 1 buah mesin jam
- Satu lembar amplas kasar dan halus
- 1 buah papan kayu jati belanda (uk.  13x20cm) 
- 1 lembar kertas karbon
- vernish
- Lem kayu
- cat minyak ( disesuaikan dengan kebutuhan mau warna apa aja)

*Langkah-langkah cara membuat
1. Pertama-tama potong papan kayu jati belanda dengan menggunakan gergaji mesin seukuran 12x12cm, kemudian  menentukan atau membuat titik tengah pada potongan kayu tadi, dan membuat garis seukuran mesin jam. 
2. Tahap kedua yaitu membuat lubang sebagai tempat mesin jam pada garis yang telah di buat tadi, cara membuat lubangnya dengan menggukanakan mesin trimmer, kedalaman lubang yang di buat sedalam mesin jam (kira-kira 1,4cm) 
3. Setelah itu, buatlah lubang pada titik tengah yg telah di tandai sebelumnya,  dengan ukuran lubang kira-kira 7mm,  tujuan dari lubang ini adalah untuk mengunci, menghubungkan jarum jam dengan mesin jam.

4. Setelah tahap sebelumnya selesai,  hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengamplas permukaan potongan kayu, dengan menggunakan amplas kayu kasar terlebih dahulu, lalu amplas kayu halus. Di usahakan pada saat pengamplasan haru benar benar halus agar memudahkan pengecatan nanti

5. Setelah selesai,  it's time for make a design!!, selanjutnya adalah membuat design,  dengan cara menempelkan kertas karbon yang telah di design,  lalu buatlah design yang kalian inginkan.

6. Oke setelah design kalian jadi,  selanjutnya catlah design kalian tadi menggunakan kuas yang telah di siapkan,  (usahakan kuas yang digunakan adalah kuas yang kecil agar dapat lebih berhati-hati.) tunggulah cat hingga mengering.  

7. Setelah mengering,  vernish lah kerangka jam tadi agar lebih memperindah tampilannya.

8. Setelah vernishnya mengering,  tahap terakhir adalah memasang mesin jam pada kerangka jam yang telah di buat.  Dan.. jadilah kerajinan jam kayu kalian. 

Oke guys,  mungkin hanya itu tahapan yang bisa saya bagikan buat kalian,  saya berharap hal ini bisa bermanfaat untuk kalian, jika ada hal yang ingin kalian tanyakan atau sampaikan,  kritik dan saran bisa kalian cantumkan pada kolom komentar di bawah ini.  
Jika ada hal atau kesalahan kata yang saya tulis yang kurang berkenan saya mohon maaf, karena saya adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan,  dan kesempurnaan hanya milik allah semata.

~Ig: kazuka_ana
~ Aisyah.kenanga (Aisyah Nurul Annisa) 
~Fb: Anna 






Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Wisata di Kecamatan Bengalon